Langsung ke konten utama

Mengenal Definisi dan Gejala Mioma

Mengenal Definisi dan Gejala Mioma


Mengenal Definisi dan Gejala Mioma. Mioma adalah tumor jinak yang tumbuh yang tumbuh dari rahim dan sering muncul selama tahun-tahun subur anda. Mioma sering disebut dengan fibromioma, leiomioma, atau uterine fibroid. Mioma ini tidak terkait dengan kanker rahim dan hampir tidak pernah berkembang menjadi kanker.

Sebanyak 3 dari 4 wanita memiliki mioma selama hidupnya, tetapi kebanyakan wanita tidak mempedulikan karena mioma sendiri sering tidak menunjukkan gejala. Dokter mungkin menemukan mioma/fibroid secara tidak sengaja pada saat melakukan pemeriksaan daerah panggul atau pemeriksaan ultrasound sebelum melahirkan.

Pada umumnya, mioma jarang memerlukan terapi. Terapi medis dan prosedur operasi dapat mengecilkan ukuran atau membersihkan fibroid/mioma jika anda merasa tidak nyaman atau ada gejala yang mengganggu dari mioma tersebut. Mioma juga dapat memerlukan terapi darurat jika mioma tersebut tiba-tiba menyebabkan nyeri hebat pada leher rahim atau perdarahan menstruasi yang banyak.

Gejala Mioma

Pada wanita yang mempunyai gejala mioma, gejala yang paling umum adalah:

  • Perdarahan menstruasi yang hebat
  • Periode menstruasi yang berkepanjangan
  • Sering buang air kecil
  • Sulit mengosongkan kandung kemih
  • Konstipasi
  • Nyeri punggung atau kaki

Mioma dapat menyebabkan nyeri akut ketika suplai darah ke mioma tersebut terhenti. Karena kekurangan nutrisi, mioma tersebut bisa mati. Produk samping dari mioma yang rusak dapat menyusup ke jaringan sekitar, menyebabkan nyeri dan demam.

Lokasi mioma mempengaruhi tanda dan gejala yang dialami:

  1. Submucosal fibroid:
    fibroid yang tumbuh di dalam rahim (submucosal fibroid) diperkirakan bertanggung jawab terhadap periode menstruasi yang berkepanjangan, perdarahan menstruasi yang hebat dan merupakan masalah bagi wanita untuk hamil.
  2. Subserosal fibroid:
    fibroid yang tumbuh diluar rahim (subserosal fibroid) terkadang dapat menekan kandung kemih, menyebabkan gejala-gejala yang terkait dengan saluran kemih. Jika fibroid menonol ke belakang rahim, maka sering menekan rektum, menyebabkan konstipasi, atau bila menekan saraf tulang belakang, menyebabkan sakit punggung.

Kapan Perlu Mengunjugi Dokter?

Konsultasikan ke dokter apabila:

  • Nyeri di daerah panggul tidak juga mereda
  • Nyeri hebat pada saat menstruasi
  • Spotting atau perdarahan di antara periode menstruasi
  • Nyeri saat berhubungan seks
  • Kesulitan dalam mengosongkan kandung kemih
  • Kesulitan menggerakkan usus.

Segera cari pertolongan medis apabila mengalami perdarahan pada vagina yang parah atau nyeri panggul yang hebat yang terjadi tiba-tiba. Semoga informasi mengenai Mengenal Definisi dan Gejala Mioma ini bermanfaat.

http://obatherbal-murah.com/obat-alami-penyakit-miom-ampuh/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Public Speaking

TIPS MENJADI PRESENTER HANDAL Untuk menjadi presenter yang handal dan bertahan lama, diperlukan bukan hanya keterampilan berkomunikasi. Lebih dari itu, diperlukan karakter dan kemampuan “marketing” dalam menjual keahliannya tersebut. Di bawah ini, ada beberapa tips penting untuk menjadi presenter yang handal. Know Your Self Mengetahui dengan pasti kelebihan-kelebihan dirinya, yang dapat di pakai sebagai modal untuk ditonjolkan dan dipublikasikan. Jadi harus punya rasa percaya diri. Image Personality Penentuan brand image hendaknya dilakukan pertama kali saat akan memulai karier ini. Sebagai contoh, mau memilih image ‘serius’ atau ‘humoris.’ Selanjutnya harus konsisten dengan image tersebut, guna memilih acara-acara yang sesuai dengan image yang ingin ditonjolkan. Sebaiknya tetap konsisten pada pilihan awal, karena sekali kita terlibat dalam suatu pekerjaan akan menentukan image selanjutnya Great Character Menjaga sikap-sikap tertentu agar mendapat kepercayaan rekan bisnis, sep

Keladi Tikus

KELADI TIKUS KELADI TIKUS  Typhonium falgelliforme Melawan Kanker Keladi Tikus ( Typhonium falgelliforme ), suatu tanaman liar sejenis talas yang tingginya sekitar 25 – 30 cm, hidup pada ketinggian 1.00 meter di atas permukaan laut. Daun tunggalnya berbentuk bulat dengan ujung meruncing seperti jantung, muncul dari umbi dan berwarna hijau segar. Mahkota bunganya berbentuk panjang kecil berwarna putih mirip dengan ekor tikus, dari sinilah nama keladi-tikusdiberikan. Di China sering disebut sebagai Shui Banxai,dan orang Malaysia sering menyebutnya sebagai Rodent Tuber. Di Indonesia yang dikenal dengan nama : bira kecil, daun panta susu, kalamaong, ileus, ki babi, trenggiling mentik. Kandungan & Manfaat keladi tikus Bagi para petani di Asia Timur, tanaman Keladi tikus ini sudah tidak asing lagi. Ketika para penduduk desa menderita bisul atau problem kulit lainnya akibat racun, maka ampas tanaman yang ditumbuk langsung diaplikasikan ke bidang tubuh yang luka. Hasilnya: nanah keluar

Peran Kecerdasan Spiritual Dalam Kesuksesan

PERAN KECERDASAN SPIRITUAL MENUJU KESUKSESAN Di atas kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosi, mutlak diperlukan kecerdasan spiritual, yakni kemampuan orang untuk membedakan kebaikan dan keburukan dan kesanggupan untuk memilih atau berpihak pada kebaikan serta dapat merasakan nikmat berbuat baik. Orang yang kecerdasan spiritual tinggi akan merasakan kenikmatan spiritual tiada tara tatkala ia sanggup bebuat jujur, lurus, adil, meskipun akibatnya secara material atau secara duniawi mungkin ia harus menanggung kerugian. Dengan senantiasa menghidupkan hati nurani, menghidupkan Tuhan dalam kesadaran jiwa dan menjadikan Tuhan sebagai pusat orientasi semua tindakan orang akan terbebas kepalsuan hidup. Kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosi membawa orang pada kesuksesan. Kecerdasan spiritual membawa orang pada kebaikan yang kita inginkan adalah menjadi orang sukses yang baik. Tetapi ada ungkapan “It’s nice to be important but it’s more important to be nice” baik juga kalau bisa menjadi